Selasa, 08 Juni 2010
Sabtu, 22 Mei 2010
Game Engine
Pengertian Game Engine
Engine bukanlah executable program, artinya engine tidak dijalankan sebagai program yang berdiri sendiri. Diperlukan sebuah program utama sebagai entry point atau titik awal jalannya program. Pada C++, entry point-nya adalah fungsi “main()”. Biasanya program utama ini relative pendek. Game engine adalah program yang memotori jalannya suatu program game. Kalau game diilustrasikan sebagai “music “yang keluar dari “mp3 player”, maka engine adalah “mp3 player” dan program utama adalah “data mp3” yang dimasukkan ke dalam “mp3 player” tersebut.
Dengan adanya engine, waktu, tenaga dan biaya yang dibutuhkan untuk membuat game software menjadi berkurang secara signifikan. Beberapa game dengan jenis dan gameplay yang hampir sama bisa dibuat dengan sedikit usaha bila terlebih dahulu dibuat engine-nya. Setelah engine diselesaikan,programmer hanya perlu menambahkan program utama, memakai resources (objek 3D, music, efek suara) yang baru, dan jika benar – benar dibutuhkan, sedikit memodifikasi engine sesuai kebutuhan spesifik dari game yang bersangkutan. Program game engine seluruhnya berorientasi objek. Game engine lebih bersifat reaktif daripada procedural. Sulit untuk menggambarkan
1. Fun Game
Fun games adalah permainan seperti : skate board, bilyard, catur, puzzle, tetris, golf, Windows Entertainment Pack Games dan semua permainan yang animasinya sedikit dan pembuatannya relatif mudah. Permainan semacam ini terlihat mudah dari sagi grafiknya tetapi biasanya sulit dalam algoritma.
2. Arcade Game
Arcade games adalah semua permainan yang mudah dimengerti, menyenangkan dan grafiknya bagus walau biasanya sederhana. Pengertian mudah dimengerti dan menyenangkan dikarenakan permainan ini hanyalah berkisar pada hal-hal yang disenangi umum seperti pukul memukul, tembak menembak, tusuk menusuk, kejar mengejar dan semua yang mudah dan menyenangkan. Yang termasuk kedalam permainan jenis ini adalah Prince of Persia, Street Fighter, Golden Axe, Grand Prix, Robocop.
3. Strategic Game
Strategic games biasanya permainan strategi perang atau bisa juga permainan lain tetapi tetap saja memerlukan strategi untuk memenangkannya seperti startegi bisnis dan strategi politik.
4. Adventure Game
Adventure games terbagi atas tiga macam yaitu petualangan biasa (Multi Layered Adventur), Dungeon-Underworld Adventure (3D Adventure) dan Roll Playing Game Adventure. Biasanya algoritma untuk membuat game ini adalah sedang-sedang saja sampai sulit. Tapi grafik jenis permainan ini benar-benar sulit. Contoh beberapa permainan jenis ini adalah Space Quest IV, Labyrinth of Word, War II dan Diablo.
5. Simulations Game
Dari semua jenis permainan yang ada, masing-masing memiliki tingkat kesulitan dan kemudahannya, jika bukan algoritmanya maka akan mudah dalam hal animasinya, akan tetapi games simulasi bisa disebut sebagai jenis permainan yang paling sulit, baik algoritma pembuatannya maupun animasinya. Permainan jenis ini juga yang paling membuat pusing dibandingkan dengan permainan jenis lainnya. Algoritmanya sangat sulit sebab harus memperhitungkan semua kejadian dalam kondisi sebenarnya. Berbagai efek animasi yang dibuat tidak cukup bermodalkan ahli grafik dan algoritma saja, tetapi sedikitnya harus mengerti persoalan matematika, teknik dan fisika. Contoh permainan jenis ini adalah Stellar7, F-15 Strike Eagle, Flight Simulator 98, F-14 Tomcat, F-16 Falcon, Jet Fighter.
Tipe – tipe Game Engine.
- Roll-your-own game engine.
Biasanya, game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar tersedia gratis, juga memperbolehkan mereka, para developer, lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya, banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Menara Games Studio membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine nya, hanya untuk di tulis ulang semuanya dalam beberapa hari penggunaan karena adanya bug kecil yang sangat mengganggu.
- Mostly-ready game engines.
Engine engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer / programmer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model dan texture, dan segalanya. Banyak dari mereka yang sudah benar benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama.
Biasanya game engine semacam ini memiliki batasan batasan, terutama jika dibandingkan dengan game engine sebelumnya yang benar benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi terlalu banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis, dan masih memungkinkan game engine nya itu sendiri untuk mengoptimalkan kinerja game nya. Banyak dari game engine seperti ini, Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya, yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Hal ini dengan serta merta menyingkat sangat banyak waktu dan jelas, biaya dari para Developer game.
- Point-and-click engines.
Engine untuk point-and-click merupakan engine yang sangat amat dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly. Kamu bahkan bisa mulai membuat game mu sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget.
Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan, dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis, hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini nggak berguna, bagi developer cerdas dan berdaya kreativitas tinggi, game engine bapuk seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine seperti ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman, dan secepatnya merilis game game mereka.
Berikut ini List dari game engine :
Freeware engines
Nama Game Engine | Primary programming language | Cross-platform? | SDL? | |
C | N/A | Yes | Yes | |
C# | N/A | Yes | Yes | |
C | Ada, C++, C#, D, Lisp, Lua, Mercury, Pascal, Perl, Python, Scheme | Yes | No | |
C++ | Python | Yes | N/A | |
C++ | Java, ActionScript, C#, JavaScript, D, Python, DarkBasic, Lua | Yes | No | |
C | N/A | No | No | |
C++ | N/A | Yes | N/A | |
C++ | N/A | Yes | Yes | |
C++ | Python, Perl, Java | Yes | Yes | |
C++ | N/A | Yes | Yes | |
C++ | N/A | Yes | Yes | |
C | N/A | Yes | Yes | |
C++ | N/A | Yes | No | |
C | N/A | Yes | No | |
C++ | N/A | No | No | |
C++ | N/A | No | No | |
C++ | N/A | Yes | Yes | |
C | N/A | No | No | |
Object Pascal | N/A | No | No | |
C++ | N/A | Yes | No | |
C | N/A | Yes | No | |
C | N/A | Yes | No | |
C++, C# | N/A | Yes | No | |
C | N/A | Yes | Yes | |
C++ | Java, Perl, Ruby, Python, FreeBASIC, Lua, Delphi, Game Maker | Yes | Yes | |
Java | N/A | Yes | No | |
Java | N/A | Yes | No | |
Java | N/A | Yes | No | |
Lua | N/A | Yes | Yes | |
C++ | Python, Java | Yes | No | |
C++ | N/A | Yes | No | |
C | N/A | Yes | Yes | |
C++ | Python | Yes | No | |
C | N/A | Yes | No | |
C++ | N/A | Yes | Yes | |
C++ | N/A | No | No | |
C++ | N/A | Yes | No | |
C++ | N/A | Yes | Yes | |
C++ | N/A | Yes | No | |
C++ | N/A | Yes | No | |
C | N/A | Yes | Yes | |
C++ | N/A | Yes | Yes | |
VC | N/A | Yes | Yes | |
Visual Basic .NET | N/A | No |
Commercial engines/game engine berbayar (komersial)
- Alamo
- A.L.I.V.E
- BigWorld
- DXStudio
- Dunia Engine
- Euphoria
- GameStudio
- Jade Engine
- Jedi
- RPG Maker VX
- RPG Maker XP
- RPG Maker 2003
- RPG Maker 95
- Vision Engine
Perbandingan Game Engines Freeware dengan Comercial :
Ogre 3DEngine | Swift3D |
Fitur Ogre meliputi : productivity, platform & 3D API, material / shader, mesh, scene feature, special Effect, dan fitur-fitur penting lainnya. | Kelebihan Swift3D
|
Productivity : Desain interface OO sederhana dan mudah dipergunakan Independent terhadap implementasi 3D (Direct 3D, OpenGL, Glide dan sebagainya Frame work yang extensible Desain yang baik, teratur, dan dokumentasi penuh terhadap semua class engine | Kekurangan Swift3D
|
platform & 3D API, Direct3D (mensupport DirectX 7 dan 9) dan OpenGL; Support terhadap Windows (semua versi utama), Linux dan Mac OSX; Dapat dibangun pada Visual C++ 6, Visual C++ .NET, Visual C++ .NET 2003 dan Visual C++ 2005 pada Windows (STLport dibutuhkan untuk versi Visual C++ sebelum 2003); Dapat dibangun pada gcc 3+ di Linux dan Mac OSX . | |
material / shader, Pengelolaan asset material bisa diluar kode Mendukung fungsi operasi multi texture, dan multipass blending, pembangunan dan pengubahan koordinat tekstur, operasi warna dan alpha blend Mendukung texture file-file PNG, JPEG TGA, BMP, DDS dan beberapa format yang tidak standar lainnya | |
mesh, Menerima format data mesh, memisahkan konsep dari vertex buffers, index buffers, vertex declarations dan buffer mappings Dapat mengeksport dari beberapa modelling tools (Milkshape3D, 3D Studio Max, Maya, Blender dan Wings3D) Patch Biquadric Bezier pada permukaan lengkung; Progressive meshes (LOD) ; |
Senin, 08 Maret 2010
Resensi Game Devil May Cry 4

Devil May Cry 4 adalah sebuah game PC tentang epic story yang berkisah dimana kebaikan dan kejahatan menjadi berbaur dan tidak jelas. Memerlukan graphic advantage yang tinggi dan processing power dari next gen system dan windows PC, hal ini membawa kita untuk masuk ke world of furtuna dengan detil — yang penuh dengan musuh lebih hebat dari yang pernah ditampilkannya, sehinga memicu adrenalin para gamer.


Selasa, 27 Oktober 2009
About 3D Max
3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7.
3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.
Ada 5 metode pemodelan dasar:
- Pemodelan dengan primitif
- NURMS(subdivision surfaces)
- Surface tool
- NURBS
- Pemodelan polygon
Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola, “cone”, silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut “pemodelan balon”.
Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max yaitu “Default Scanline”. Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek Global IlluminationIndirect Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya masing-masing. yang terbaru dari 3dsmax adalah 3dsmax9.
AutoDesk 3ds Max adalah mampu dan berkuasa untuk 3D animasi, rendering dan modeling. Walaupun sasaran utamanya di digital untuk pembuatan film dan permainan, ia tetap populer untuk photorealistic rendering dari arsitektur dan desain produk. Aplikasi dengan lebih mendalam sebagai 3ds Max adalah baik dijelaskan di review ini, namun beberapa fitur dalam rilis menonjol.
Baru animasi lapisan sistem 3ds Max 9 memungkinkan animasi informasi yang akan berlapis atas pada awal lagu bersemangat seperti sebuah perpanjangan dari daftar controller lama tetapi dengan banyak fitur dan mendalam. Kemampuan ini menawarkan banyak potensi untuk orang-orang yang membuat animasi sequence.
Rambut subsistem sekarang memungkinkan menggabungkan semua styling dan harus dilakukan dalam 3ds Max viewports, dibandingkan dengan menggunakan modul di luar seperti di versi sebelumnya. Menambahkan tabrakan benda penyebab rambut agar sesuai dengan tubuh atau pakaian lebih realistis. Kemampuan untuk melihat lebih banyak informasi dalam 3ds Max 9 viewport tanpa harus membuat dapat menyimpan banyak waktu. Anda juga dapat menggunakan semua jenis cahaya pada rambut dalam 3ds Max 9, tidak seperti sebelumnya rilis yang diperlukan lampu khusus rambut.
Fitur baru di kain subsistem termasuk cara baru untuk menjahit pakaian dalam 3ds Max dan baru cling properti yang sesuai dengan pakaian yang lebih realistis, karena jika basah atau telah dilaksanakan untuk model melalui listrik statis.